-->

Daun landep Penyembuh berbagai Penyakit

Khasiat, Manfaat Menyembuhkan berbagai penyakit encok (rematik), luka, kurap panu,sakit gigi, gusi nyeri,demam, sakit perut,kencing sedikit-sedikit (tidak lancar) dan sakit kepala


Tanaman landep (Barleriae prionitis L.) ternyata banyak khasiat dan manfaatnya, Tanaman ini tumbuh subur didaerah jawa Negara Indonesia umumnya bisa di jumpai di iklim  yang kering, Asal dari tanaman ini dari Asia tropik dan Afrika selatan, Di Indonesia tumbuh subur di dan dataran rendah sampai 400 m di bawah permukaan laut. Kebanyakan Daun dari tanaman ini yang sering digunakan untuk obat herbal penyembuh berbagai penyakit.

Batang dari tanaman ini berkayu, segi empat, berambut, berduri kuat yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. Daun. tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan., panjang tangkai daun 4 - 8 mm. Helai daun jorong sampai lanset atau bundar telur memanjang, ujung meruncing, pangkal meruncing menyempit sepanjang tangkai, tepi rata agak berombak, panjang 2 - 18 cm, lebar 2 - 6,5 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau. Bunga tunggal, simetris dua sisi, di ketiak daun, mahkota bertaju lima, bentuk elips memanjang, warnanya kuning. Buah kotak, bulat telur, pipih, ujung agak lancip, keras, terbagi dua, warnanya hijau. Biji bulat telur, pipih, mengilap seperti beludru, warna cokelat. Perbanyakan dengan biji atau setek batang.

khasiat dari tanaman landep ini menyembuhkan berbagai penyakit dikarenakan mempunyai berbagai senyawa kimiawi.
Daun dari tanaman landep mengandung : saponin, flavonoida, tanin, garam kalium, dan silikat. Akarnya mengandung :saponin, flavonoida, dan polifenol
tanaman ini  bisa dipergunakan adalah daun dan akarnya. diantaranya bisa untuk mengobati encok (rematik), luka, kurap panu,sakit gigi, gusi nyeri,demam, sakit perut,kencing sedikit-sedikit (tidak lancar) dan sakit kepala

Daun landep Penyembuh berbagai Penyakit


Penelitian : 1. Rebusan daun landep dan daun kumis kucing yang diberikan pada tikus putih menunjukkan kenaikan pengeluaran air kencing secara bermakna. Antara rebusan daun landep konsenttasi 20%, 40%, dan rebusan daun kumis kucing konsentrasi 10%, 40% tidak menunjukkan perbedaan bermakna (Trifena Fenny Gowinda, Fak. Farmasi Univ. Widya Mandala, 1992). 2. Lebih tinggi konsentrasi infus daun landep terhadap kelarutan batu ginjal kalsium dan kalium secara in vitro, bahan yang terlarut semakin banyak, kecuali kalsium, konsentrasi tertinggi 7,5% (Sudarmono, Fak. Farmasi UGM, 1990).


Khasiat dan Manfaat Tanaman Landep
NO
Jenis Penyakit
Daun
Akar
Keterangan
1
Encok,Rematik, Sakit Kepala
Daun

Sebanyak 1 genggam daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit. Bila sakit kepala, balurkan di kening.
2
Kurap, Panu

Akar
Akar secukupnya digiling halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis, lalu diaduk merata sampai seperti bubur. Balurkan pada kurap, lalu dibalut. Ganti 2 kali sehari, sampai sembuh.
3
Luka

Akar
Sebanyak 15 g akar landep dicuci bersih. Tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Tumbuk sampai lumat, kemudian tempelkan pada luka.
4
Gusi nyeri
Daun

Daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.
5
Kencing Tidak Lancar, Demam, Sakit Perut
Daun

Sebanyak 1 genggam daun landep segar dicuci lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin disaring, lalu diminum.
6
Sakit Gigi
Daun

Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.

Semoga Artikel  Daun landep Penyembuh berbagai Penyakit ini bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. Salam Jagat Herbal




Add Your Comments

Disqus Comments