-->

Manfaat Daun sembung menyembuhkan Batuk

Menyembuhkan Batuk dengan Daun Tanaman Sembung

Ketika penyakit Batuk menyerang baik dikarenakan penyebab batuk tersebut dari virus,iritasi saluran pernafasan, bakteri, makanan, minuman ataupun faktor cuaca. mungkin yang ada dalam benak kita ingin cepat sembuh agar aktifitas kita tidak terganggu dan pastinya minum obat atau istirahat yang teratur menjadi pilihan bagi kita. Tapi tahukah anda, ternyata ada obat herbal yang menjadi andalan para leluhur kita untuk menyembuhkan batuk tersebut ? yah itulah tanaman sembung yang daunnya bermanfaat untuk menyembuhkan batuk.

Tanaman sembung atau sering dikenal dengan bahasa latinnya Blumea balsamifera DC. termasuk familia Compositae ini ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan batuk, bahkan tanaman ini banyak tumbuh subur di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Daun dari tanaman ini berbau hampir serupa dengan kamfer, bahkan rasanya juga agak pahit.

daun sembung
Daun Sembung-Jagat Herbal

Bentuk dari Tanaman sembung ini berdaun tunggal, bertangkai pendek, tapi adapula yang bertangkai panjang, pada tangkainya terdapat beberapa pasang daun yang bentuknya mirip dengan lidah tombak. Panjang pangkal daunnya sekitar 1 cm, sampai 2 cm, bentuk daun bagaikan lidah tombak, adapula yang berbentuk bulat, dan pangkal ujung daunnya berbentuk agak meruncing ukuran panjangnya sekitar 10 cm sampai dengan 30 cm lebar daunnya sekitar 2,5 cm sampai 12 cm berwarna hijau tua agak coklat keabu-abuan.

tanaman sembung bisa dijadikan berbagai bahan bakal obat karena terkandung beberapa zat pada tanaman tersebut diantaranya mengandung minyak Atsiri sekitar 0,1 % sampai 0,5 5, dan ternyata pada kandungan minyak Atsiri ini juga mengandung 1 borneol dengan 1 kamper, zat lainnya yaitu sineol, limonen, sedangkan penyamak dan damar merupakan zat-zat tersendiri yang terkandung pada daun tersebut. daun sembung selain sebagai karminatifa, sudorifika, juga baik sekali bagi penyembuh sakit batuk. Oleh karenanya manfaat daun sembung menyembuhkan Batuk sangatlah tepat.

Seperti sudah disinggung diatas tanaman Sembung untuk menyembuhkan batuk baik batuk berdahak atau pun biasa, dan ternyata penyakit tersebut dikarenakan atau disebabkan Virus

Penyakit Batuk Berdahak dan tidak berdahak


Jenis penyakit batuk berdahak ini sering juga disebut batuk produktif dikarenakan adanya dahak disaat batuk. keluarnya dahak ini dari hidung ataupun kerongkongan yang berasal dari paru-paru dan penyebabnya adalah adanya virus yang masuk dan sistem imun tubuh kita yang melemah.

Batuk yang tidak berdahak disebut juga batuk non produktif, dikarenakan batuk ini tidak berdahak dan bersifat kering dan biasanya batuk jenis ini datang ketika flu akan berakhir, atau penyebab lain dari batuk tidak berdahak ini disebabkan oleh debu dan asap rokok yang masuk pada tubuh kita atau juga memang adanya infeksi dari virus, Alergi dan lain sebagainya.

Ketika batuk datang maka siap-siaplah memilih obat yang tepat, dari resep dokter sampai tanaman yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit batuk diantaranya daun sembung.

Cara peracikan untuk menyembuhkan batuk dengan daun sembung sebagai berikut:
  • Sediakan ¼ genggam daun sembung, Pulo sari sebesar satu jemari, Setengah sendok adas, ¼ genggam kayu angin, 1/3 genggam daun bayam duri. lalu bersihkan semua bahan dengan cara Cuci semua bahan tersebut dengan air bersih. Rebus bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa separuh. Ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin di pagi dan sore hari sampai benar-benar sembuh.
Atau dengan cara yang paling sederhana yaitu cara kedua:

  •  Daun sembung (Blumea balsamifera) 8 lembar, Air bersih 2 gelas.Daun balambangan   dicuci bersih, lalu rebus sampai mendidih. Minum obat batuk   dari daun sembung 2-3 x 1 hari, masing-masing sebanyak 1 gelas. Lakukan sampai batuk reda.
Semoga artikel dari tanaman  herbal yaitu yang berjudul Manfaat Daun sembung menyembuhkan Batuk ada manfaatnya. Salam sehat Jagat Herbal



Add Your Comments

Disqus Comments