-->

Obat herbal untuk wasir Tanaman ANDONG

Obat Herbal penyakit Wasir- Tanaman ANDONG

Pada artikel kali ini blog herbalku akan menulis tentang penyakit wasir dan obat herbal untuk penyakit wasir.
Wasir dalam bahasa sunda disebut nontot bool atau ambien ( bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan kalau bahasa kedokteran sering dinamai dengan Piles) ini adalah penyakit yang sering dialami oleh sebagian masyarakat dan bisa terjadi pada siapa saja mau laki-laki atau wanita. Dan tentunya ini sangat menggangu sekali terhadap aktivitas kita sehari-hari, bahkan sangat menyakitkan.

Penyebab Penyakit Wasir ini adalah adanya tekanan yang amat keras pada vena hemorrhoid. Tekanan seperti ini diakibatkan oleh kotoran yang keras sehingga melukai dinding anus dan hasilnya akan bengkak dan keluar darah pada saat BAB. Darah yang keluar ini berbentuk tetesan darah atau bahkan darah segar itu bisa memancar.  Bahkan penyebab penyakit wasir banyak sekali dan kebanyakan penyebabya dari segi makanan  diantaranya makanan pedas, tidak suka makan sayuran dan kurang minum air putih dan dari segi makanan ini kebanyakan orang berpotensi terkena penyakit Wasir.


Bahkan terkadang banyak juga orang terkena wasir akibat lamanya duduk, kena diare yang cukup lama dan tidak kunjung sembuh, Adanya perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil, karena penyakit keturunan, berhubungan sex dari dubur, Kurang berolahraga dan Sering mengangkat beban yang berat-berat.

Adapun gejala seseorang terjangkit Penyakit wasir antara lain adalah sebagai berikut :

Terasa tidak enak pada lubang kotoran, Ada pengeluaran lendir pada lubang kotoran, Terasa gatal pada lubang kotoran, Muncul benjolan pada lubang kotoran.

penyakit wasir terbagi dua jenis:

  1. wasir internal adalah diakibatkan karena adanya pembuluh darah pada anus yang tertutup selaput lendir yang basah dan gejalanya biasanya keluar darah segar dari anus saat BAB
  2. wasir eksternal adalah diakibatkan karena adanya suatu penyakit Varises yang ada dibawah otot yang ada atau berhubungan dengan kulit. dan biasanya seperti tontolan yang berwarna kebiruan dekat anus dan terasa gatal bahkan sakit.

Tingkatan wasir  ada empat stadium, yaitu:

Stadium 1 : Perdarahan merah segar tanpa rasa nyeri dan rasa gatal.
Stadium 2 : Perdarahan, menonjol, nyeri, dan reposisi spontan.
Stadium 3 : Perdarahan, mononjol, sangat nyeri, dan reposisi manual.
Stadium 4 : Perdarahan, tonjolan tetap, nyeri terus menerus, dan tidak dapat reposisi

Tanaman ANDONG

Lalu adakah obat herbal untuk mengobati penyakit wasir?

Yah tentunya banyak sekali obat herbal untuk mengobati penyakit wasir ini diantaranya adalah tanaman andong dengan bahasa latinnya adalah Cordyline fruticosa (Linn.) Kunth, Asparagus terminalis L.
Nama daerahnya adalah : Andong, hanjuang, bakjuang.

Andong adalah tanaman herbal yang banyak manfa'atnya dan  tanaman ini tersebar luas mulai Asia Tenggara, Melanesia, Australia, Samudera Hindia, sampai Polinesia,oleh karena itu Andong ini mempunyai banyak sekali nama . Nama lain cabbage palm, good luck plant, ti plant, sabang, jijuang, mak pu mak mia, dracena, bloddracena, hanjuang, daun dasi, kayu urip, handwang, endong, linjuwang, bakjuang, renjuang, laklak, sawang, anjiluwang, anderuwang, litik, idahan, ti kouka, ai buru, dan cana la india.

Tanaman andong ini merupakan tanaman obat herbal yang dapat digunakan sebagai pembatas lahan, sawah atau kebun, tanaman hias, bahkan tanaman untuk kuburan.

KANDUNGAN ZAT Yang ada di TANAMAN ANDONG

Tanaman andong mengandung saponin, tanin, flavonoid, polifenol, steroida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi. Semua zat ini kebanyakan terletak pada bagian daun. Sebagian kecil berada pada bagian batang, bunga dan akar.

Berikut ini adalah resep ramuan obat herbal untuk mengobati penyakit wasir dengan menggunakan tanaman andong :


Bahan                  : daun andong 3 helai + daun wungu segar 7 helai.
Cara Meramu      : rebus bahan dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas.Saring
Penggunaan         : minum secara rutin setiap hari.

Semoga artikel Obat herbal untuk wasir Tanaman ANDONG  bermanfaat




Add Your Comments

Disqus Comments