-->

Tentang Tanaman Kumis Kucing

Tentang Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing mempunyai berbagai nama atau sebutan dan tergantung daerahnya masing-masing, kumis kucing  dikenal dengan bahasa latin Orthosiphon aristatus dan dalam bahasa daerah hampir sama sebutannya yaitu  Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda), adapun di daerah jawa kumis kucing terkenal dengan sebutan remujung , dan kalau di daerah madura dikenal dengan sebutan se-salaseyan, songkot koceng.

Ciri-Ciri

Kumis Kucing
Kumis kucing
kumis kucing termasuk tanaman  Lamiaceae/Labiatae, dan tanaman ini terkenal dengan berbagai khasiat dan tentunya banyak manfaatnya. Tanaman ini tumbuh subur di negara indonesia.

Bentuk dari tanaman herbal kumis kucing adalah termasuk tanaman yang tegak lurus pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya serta tingginya kurang lebih mencapai dua meter, adapun dari bentuk batangnya bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul dan daunnya  bundar agak lojong, ukuran daun panjangnya kurang lebih  1 – 10 cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5 cm. juga tanaman kumis kucing ini bisa dikenali dari urat daunnya yang identik berbulu tipis , dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 – 29 cm. 

Sebetulnya ada lagi yang menjadi Ciri khas dari tanaman kumis kucing tersebut yaitu ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7–29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.

Keistimewaan dan manfaat dari tanaman Kumis kucing

Keistimewaan dari tanaman kumis kucing kalau kita teliti secara empiris dari daun yang kering sampai yang basah bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan diantaranya yaitu sebagai Obat penyakit ginjal adapun untuk racikan membuat Resep Herbal obat ginjal ada di blog Jagat Herbal dan ini sudah digunakan oleh masyarakat banyak yang terkena oleh penyakit tersebut sehingga kumis kucing menjadi salah satu ramuan tradisional herbal yang murah tapi tidak murahan dan banyak akan manfaatnya.



Add Your Comments

Disqus Comments